NASIONAL

Angkat Isu Ketahanan Pangan, Pemuda Kaltim Sukses Juara Nasional Pemuda Pelopor

JAKARTA,deltamahakam.co.id-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali berbangga setelah salah satu generasi mudanya sukses  menjadi yang terbaik pada ajang  Pemuda Pelopor Nasional 2022.

Lebih membanggakan lagi, sukses pemuda Kaltim ini mengangkat bidang ketahanan pangan atau bidang pangan. Keberhasilan menjadi kebanggaan, karena Gubernur Kaltim Isran Noor sendiri juga seorang penyuluh pertanian.

Hasil ini membuktikan selama tiga tahun berturut-turut Benua Etam mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan menjadi yang terbaik.

“Hamzah Al Fauzi namanya, Pemuda Desa Dondang Tengah, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang menggerakkan sejumlah pemuda putus sekolah di daerahnya untuk mengembangkan pertanian. Aksinya diputuskan dewan juri sebagai juara 1 Pemuda Pelopor Nasional Bidang Pangan,” kata Kadispora Kaltim Agus Tianur mewakili Gubernur Kaltim pada penyerahan penghargaan Pemuda Pelopor Nasional 2022 yang digelar Kemenpora RI di Hotel Ciputra Jakarta, Jum’at (7/10/2022).

Turut hadir dalam acara itu Kadis Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana.

Menurut Agus, ini adalah keberhasilan bersama. Artinya, pemuda Kalimantan Timur membuktikan diri mempunyai kualitas dalam turut serta mengisi pembangunan. Ini juga sebagai gambaran bagi pemuda lain untuk tidak merasa tertinggal.

Sebagaimana diketahui untuk tahun ini, selain Hamzah, Kaltim juga memiliki Pemuda Pelopor yang masuk penjurian nasional Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata yaitu  Irma Erpiana dari Kabupaten Paser serta Kahar Muzakir di Bidang Inovasi Tekhnologi dari Kota Bontang.

“Keduanya tidak masuk tiga besar, namun demikian karya kepeloporan mereka juga memiliki dampak yang luar biasa bagi pembangunan,” jelasnya.

“Semoga menjadi motivasi semangat bagi pemuda lain,” jelas Agus di sela-sela acara  yang dihadiri Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kaltim merasa bangga dan mengapresiasi pemuda Kaltim yang terus berkarya. Pemprov meyakini pemuda Kaltim mampu  bersaing pada tingkat nasional maupun internasional, selama memelihara jiwa kerja keras dan tidak malu untuk terus belajar dan berusaha.

“Kita sangat yakin pemuda Kaltim punya kemampuan untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara ini, terkhusus tentu untuk mewujudkan Kalimantan Timur yang berdaulat,” tegasnya. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button