Kutai TimurPemkab KutimSangatta

Bersama DTPHP, Bupati Kutai Timur Serahkan Bantuan Alsintan

Bupati Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada para petani dan menyampaikan keputusannya untuk mendukung perkembangan dan peningkatan hasil pertanian di Kutim. Beliau menekankan pentingnya alat cultivator dalam kegiatan pertanian.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kutai Timur (DTPHP Kutim) memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 10 Kelompok Tani (Poktan) di berbagai kecamatan di Kutim. Bupati Ardiansyah Sulaiman secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut di lokasi Poktan Sukses Makmur Bersamadi di Jalan Simono, RT 38, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara pada tanggal 13 Juni 2023.

Bupati Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada para petani dan menyampaikan keputusannya untuk mendukung perkembangan dan peningkatan hasil pertanian di Kutim. Beliau menekankan pentingnya alat cultivator dalam kegiatan pertanian.

“Saya telah memerintahkan Kepala DTPHP untuk melakukan inventarisasi menyeluruh mengenai kebutuhan para petani. Salah satunya adalah alat cultivator. Nah, sekarang sudah ada dan secara bertahap pemerintah akan memberikan kepada seluruh Poktan yang ada,” ucap Bupati.

Bupati Ardiansyah juga merasa bersyukur karena meskipun masih ada beberapa kendala dalam pemasaran komoditas pertanian, sektor holtikultura, terutama sayuran, masih memiliki peluang besar untuk terus berkembang.

“Artinya para petani masih punya peluang yang sangat besar untuk terus meningkatkan dan mengembangkan produktivitasnya, termasuk memperluas usaha tani mereka,” tambah Bupati.

Selain itu, Bupati Ardiansyah menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor pertanian di Kutim. Ia mengatakan, pemerintah daerah akan terus mendukung berbagai program untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku serta hasil pertanian di Kutim.

“Sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar dalam pembangunan negara ini,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas DTPHP Kutim, Dyah Ratnaningrum, menjelaskan bahwa pemerintah daerah telah memilih secara selektif dalam memberikan bantuan alsintan kepada masyarakat, terutama Poktan di Kutim. Hal ini dilakukan untuk memastikan keseriusan para petani dalam menjalankan usaha pertanian mereka.

“Kami memiliki tim yang melakukan survei lapangan untuk memastikan bahwa kelompok tani tersebut aktif. Kami tidak ingin mereka hanya meminta bantuan tanpa benar-benar menggarap lahan pertanian,” jelas Dyah.

Diketahui, 10 Poktan yang menerima bantuan Alsintan ini adalah Poktan Hasil Makmur, Bumi Makmur, Rawa Tani Jaya, Sukses Makmur Bersama, Lestari Mandiri Jaya, Karya Bersama, Simono Sejatera, Polantan Berkah, Prima Tani, dan Prima Mandiri.

Penyerahan bantuan Alsintan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung para petani dalam usaha tani mereka dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kutim. Dengan bantuan ini, diharapkan para petani dapat mengoptimalkan potensi pertanian mereka dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah. (ADV/dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button