BERITA TERKINIKutai Timur

Aksi Sigap dan Tanggap Koramil 0909-07 Teluk Pandan Pantau Banjir ; Atur Lalulintas dan Gendong Anak Lintasi Banjir

"Warga masyarakat termasuk anak anak untuk waspada serta jika sewaktu waktu air akan naik untuk siap dievakuasi," ujar Serda Lafirman Babinsa Suka Rahmad, Kamis (26/1/2023).

KUTAI TIMUR,deltamahakam.co.id-Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Teluk Pandan serta kabupaten Kutai Timur diantisipasi oleh Koramil 0909-07 Teluk Pandan dengan meningkatkan kesiapsiagaan. Musababnya, curah hujan yang tinggi berdampak dengan meluapnya sungai yang melintasi jalan poros Bontang Samarinda, sehingga menggenangi jalur lalulintas tersebut tepatnya di Desa Suka Rahmad, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur.

Terkait hal itu, Babinsa jajaran koramil 0909-07 Teluk Pandan serta babinkamtibmas dan unsur terkait terus melakukan pemantauan debit air dan pengaturan lalulintas di jalan yang tergenang air tersebut, serta memberikan himbauan kepada warga masyarakat termasuk anak anak untuk waspada serta jika sewaktu waktu air akan naik.

Sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), tidak hanya dituntut untuk ahli dalam medan pertempuran, tetapi juga dalam aksi kemanusiaan dan bencana alam. Mereka menjadi garda terdepan yang kerap diandalkan.

Babinsa Suka Rahmad Serda Lafirman pun membuktikan hal tersebut. Tak hanya memantau banjir dan mengatur lalulintas, Ia bahkan membantu menyeberangkan para anak-anak melintasi jalan yang tergenang air.

Bersama rekannya, air cukup deras setinggi betis orang dewasa, mereka melintasi dengan mudah sambil masing-masing menggendong seorang anak. Aksi mulia ini layak diberi acungan jempol.

“Warga masyarakat termasuk anak anak untuk waspada serta jika sewaktu waktu air akan naik untuk siap dievakuasi,” ujar Serda Lafirman Babinsa Suka Rahmad, Kamis (26/1/2023).

Selain masalah debit air yang diperkirakan masih akan mengalami kenaikan, Serda Lafirman juga mengimbau warga agar waspada terhadap adanya hewan buas semacam ular, buaya dan lain lain.

Di sisi lain, Babinsa Serda Lafirman juga meminta masyarakat dan warga untuk tetap tenang dan selalu berkoordinasi dengan personil TNI maupun Polri serta tim SAR untuk memberikan informasi perkembangan debit air setiap waktu.

“Agar dapat segera dilakukan tindakan seandainya air terus semakin meningkat,” tutup Babinsa Suka Rahmad Koramil 0909-07 Teluk Pandan. (*/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button