BERITA TERKINI

Paripurna ke 18, Fraksi Nasdem Tidak Hadir Menyampaikan Pandangan Umum Terhadap KUA-PPAS APBD 2024

Sangatta – Pada Senin, 17 Juli 2023, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Rapat Paripurna ke-18 Masa Sidang ke-III untuk membahas Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Nota Penjelasan Pemerintah mengenai Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kutim, Joni, dengan didampingi Wakil Ketua I DPRD, Asti Mazar, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, serta 21 Anggota DPRD Kutim, Asisten Pemerintah Kabupaten Kutim Poniso Suryo, dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selama rapat tersebut, setiap fraksi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan KUA dan PPAS tahun 2024. Hanya Fraksi Nasdem yang tidak hadir karena tengah mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) partai, tetapi mereka telah menyerahkan laporan pandangan umumnya pada pimpinan dewan.

Dalam rapat paripurna sebelumnya, telah dibahas tentang Penyampaian Nota Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024, di mana proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kutim di tahun tersebut mencapai Rp 8,1 triliun. Fokus program pembangunan pemerintah daerah diarahkan pada penguatan struktur ekonomi untuk mendukung perekonomian daerah.

“Fokus program pembangunan pemerintah daerah adalah penguatan struktur ekonomi guna mendukung perekonomian daerah,” ucap Joni.

Joni menekankan pentingnya mempertimbangkan keselarasan antara program kegiatan dan program antar organisasi perangkat daerah. Program kegiatan harus bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berjalan secara efektif dan efisien.

Selanjutnya, Pandangan umum dari setiap fraksi akan diserahkan kepada pemerintah, dan rapat selanjutnya akan dilakukan untuk mendengarkan pendapat dan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum masing-masing fraksi.(dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button