BudayaKutai TimurPemkab Kutim

Tutup Festival KBN di Pulau Miang, Ini Pesan Bupati Kutai Timur

SANGATTA, deltamahakam.co.id – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, resmi menutup Festival Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang juga merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pulau Miang ke-18. Acara tersebut dilangsungkan di Dermaga Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur pada Sabtu (17/6/2023) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Nurullah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kutim, Yuriansyah, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Andi Nurhadi Putra, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan, Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Ny Siti Robiah Ardiansyah, Kepala Desa Pulau Miang, Alimuddin Daud, Forkopimcam, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, mengapresiasi Pulau Miang yang baru-baru ini ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

“Pulau Miang sebagai Kampung Bahari Nusantara, sekaligus sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Kutai Timur. Sepatutnya lah dijaga dan dilestarikan keindahan alamnya. Untuk masyarakat yang tinggal di sini, agar sekiranya bisa menjaga lingkungan sekitar terutama Hutan Mangrove yang ada di sini,” tutur Bupati.

Gagasan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang didukung oleh TNI AL terbagi menjadi 5 klaster, yaitu edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertanahan. Bupati Kutim juga menyampaikan komitmennya dalam mengembangkan Pulau Miang sebagai desa wisata.

“Sekaligus menuju persiapan kegiatan lomba mancing internasional, di mana perhelatan tersebut akan diadakan di sini (Pulau Miang) pada bulan Oktober mendatang. Maka kedepannya nanti akan dibuatkan kertak ulin bagi para pengunjung yang datang, sehingga dapat mengelilingi pulau eksotis nan indah ini,” papar Pria yang pernah menjalani profesi sebagai Guru ini.

Bupati Ardiansyah juga menekankan pentingnya melestarikan keanekaragaman hayati di Pulau Miang.

“Terima kasih kepada masyarakat Pulau Miang yang telah bersatu padu mengangkat Desa Pulau Miang ini sebagai desa wisata,” ucap Ardiansyah.

Ardiansyah juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara tersebut, khususnya para panitia yang telah mempersiapkan rangkaian lomba dan pertunjukan untuk memeriahkan Festival KBN dan HUT Pulau Miang ke-18 ini. (ADV/dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button