BudayaKutai TimurSangatta

LKK Kutim-Putri Mayang Mengurai dan Paslit Amankan Buaya 3,9 Meter di Pantai Teluk Lombok

Adalah Laskar Kebangkitan Kutai (LKK) Kutai Timur (Kutim) bersama organisasi sayap, Putri Mayang Mengurai dan Paslit yang lagi-lagi sukses melaksanakan misi kemanusiaan.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Seekor buaya yang meresahkan warga akhirnya ditangkap di perairan Teluk Lombok, RT 21, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim), Minggu (27/11/2022) dini hari. Buaya itu diduga sebelumnya yang menerkam bocah berusia 7 tahun saat sedang asyik berenang di pantai tersebut.

Adalah Laskar Kebangkitan Kutai (LKK) Kutai Timur (Kutim) bersama organisasi sayap, Putri Mayang Mengurai dan Paslit yang lagi-lagi sukses melaksanakan misi kemanusiaan. Mereka mengamankan buaya tersebut menggunakan alat tradisional, usai melakukan pencarian selama tiga hari.

“Butuh waktu tiga hari, kita intai dan buaya itu akhirnya kita amankan tadi pada pukul 02.30 Wita, sekitar 1 kilo meter dari bibir pantai,” ucap Ketua MPW LKK Kutim, Ronny Efendy.

Penangkapan buaya itu cukup dramatis sebab saat dievakuasi berada di jarak 1 kilo meter dari bibir pantai. Butuh kekompakan, keberanian dan kerja keras untuk menaklukan predator berdarah dingin tersebut, apalagi ukuranya cukup besar.

“Ukuran buaya 3,9 meter, kami 15 orang dari LKK, Putri Mayang Mengurai dan Paslit. Buaya ini akan kami serahkan kepada petugas Damkar untuk dilanjutkan ke Balai KSDA,” terang Ronny Efendy.

Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang. Adagium ini kiranya layak disematkan kepada ormas kedaerahan ini. Waktu dan hambatan tidak menyurutkan semangatnya untuk mengamankan buaya tersebut.

“Hari pertama kita bersama petugas terkait, hari kedua dan hari ini kami dari LKK dan organisasi sayap,” tutur Ronny Efendy.

Dengan mengamankan buaya tersebut, Ronny Efendy mengaku lega. Sebab, anak anak diterkam buaya di Pantai Teluk Lombok bukan hanya terjadi sekali. Selain yang terjadi pada Minggu (20/11/2022) lalu. Kejadian serupa sebelumnya juga pernah terjadi.

“Kami mengimbau kepada warga agar tetap waspada, karena buaya di Pantai Teluk Lombok bukan cuma yang sudah diamankan ini, masih ada yang lain,” beber Ronny Efendy.

Diketahui, seorang bocah berusia 7 tahun diterkam buaya di Pantai Teluk Lombok, Kecamatan Sangatta Selatan, Minggu (20/11/2022) sore. Bocah berinisial (D) itu, dilaporkan tengah asyik bermain bersama temannya, saat itu tiba-tiba seekor buaya menyambarnya.(dm5)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button