Kutai TimurPemerintahanSangatta

Disdukcapil Segera Sosialisasikan IKD – “Identitas Kependudukan Dalam Genggaman”

Jumeah ; Tahun depan kami akan melakukan sosialisasi sekaligus aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Sebagai langkah awal menuju digitalisasi identitas kependudukan, Pemkab Kutim melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim bakal segera mensosialisasikan program Identitas Kependudukan Digital (IKD) 2022. Hal itu disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kutim Jumeah saat ditemui insan pers di ruang kerjanya, Selasa (13/12/2022).

“Tahun depan kami akan melakukan sosialisasi sekaligus aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD),” ujarnya.

Dijelaskan Jumeah, seluruh Disdukcapil se-Indonesia diberi target oleh Pemerintah Pusat bahwa tahun depan 25 persen dari total perekaman KTP-el sudah harus di aktivasi. Itulah yang menjadi acuan Disdukcapil Kutim untuk menggenjot kegiatan tersebut.

aplikasi IKD .

“Jadi kita memiliki KTP digital dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang dibuat oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri. Dapat di download di playstore, namun apabila ingin menggunakan itu harus di aktivasi terlebih dahulu oleh petugas Dukcapil setempat,” paparnya.

Sebenarnya kegiatan aktivasi IKD itu, menurut Jumeah, dimulai dengan sosialisasi yang akan digelarnya dalam waktu dekat ini. Ia pun berharap setelah disosialisasikan, semua warga di Kutim yang melek teknologi dapat menggunakan sesuai kebutuhannya.

“Jadi sosialisasi dan aktivasinya ke seluruh OPD, bahkan sampai kecamatan-kecamatan yang dapat di jangkau,” imbuhnya.

Ia menjelaskan aplikasi itu sudah lama diluncurkan di Jakarta. Hanya saja baru disosialisasikan di Kaltim. Maka dari itu Kutim pada 2023 juga mulai menggunakan IKD. Banyak sekali keuntungan menggunakan IKD. Apalagi saat ini masyarakat selalu menggunakan HP. Artinya semua terangkum dalam genggaman. Termasuk identitas dari warga bersangkutan. (kopi7/kopi3)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button