BERITA TERKINIKutai TimurPerumda Air Minum Kutim

Unit Perumdam Kecamatan Sangkulirang Sudah Layani 1141 Pelanggan

"Para pelanggan ini berada di sekitar Desa Benua Baru Ulu dan Desa Benua Ilir sampai ke Ronggang Sebrang dan Desa Maloy dengan sumber air dari Kaliorang yang langsung dialirkan ke pelanggan di Sangkulirang," terangnya, Senin (26/12/2022).

KUTAI TIMUR,deltamahakam.co.id-Ribuan warga di Kecamatan Sangkulirang sudah menikmati layanan unit Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Tuah Benua (TTB) Kutai Timur (Kutim).

Plk Teknik dan Umum Unit Perumdam TTB Kutim Kecamatan Sangkulirang-Kaliorang, Taupik mengemukakan, unit layanan air minum TTB Sangkulirang sejak berdiri tiga tahun lalu, telah melayani kurang lebih 1.141 pelanggan.

“Para pelanggan ini berada di sekitar Desa Benua Baru Ulu dan Desa Benua Ilir sampai ke Ronggang Sebrang dan Desa Maloy dengan sumber air dari Kaliorang yang langsung dialirkan ke pelanggan di Sangkulirang,” terangnya, Senin (26/12/2022).

Pria yang akrab disapa Taupik ini menyampaikan, air bersih yang dialirkan setiap harinya, antara pukul 10 Wita pagi sampai sore, diluar kendala kebocoran.

Terpisah, Kepala unit Perumdam TTB Sangkulirang Takim Budi menyampaikan, untuk pelanggan Sangkulirang saat ini pengaliran yang diberikan sudah mencapai 18 jam perhari. “Sedangkan yang 8 jam kami optimalkan suplai dari booster Desa Bumi Sejahtera SP 5 Kaliorang, sisanya langsung dari Pipa Induk,” bebernya.

Untuk pengaliran ke pelanggan Sangkulirang sendiri, lanjut Takim Budi, pihaknya merujuk sesuai kebutuhan di lapangan. Ketika pengaliran sudah mencukupi dan tekanan pressure sudah di atas 4 bar maka kami matikan untuk menghindari tekanan berlebih yang dapat mengakibatkan kebocoran jaringan pipa distribusi yang ada di Kaliorang. “Setelah pressure turun dan kami matikan sampai jam 00:00,” ujarnya.

Takim Budi menambahkan, untuk program saat ini, di Sangkulirang sedang berjalan adalah penanaman jaringan pipa distribusi dm 90″ dan 63 di Ronggang melalui program DAK. “Estimasi akhir tahun ini selesai semoga tidak ada kendala di lapangan,” tutupnya.

Sementara itu, Vina (40 th), salah seorang pelanggan unit Perumdam TTB Sangkulirang membenarkan air PDAM mengalir sekitar pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore.

“Kadang kadang tengah malam mengalir juga, tambahnya. Tetapi Vina juga masih menggunakan air yang dialiri dari embung sebagai persiapan jika air PDAM tidak mengalir,” jelasnya. (dm4/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button