Kutai TimurSangatta

Usai Dilantik, Kades Se-Kutim Diingatkan Pahami Tupoksi

Bupati Kutim ; Para Kades diharapkan mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat secara proporsional dan merata. Sehingga dapat mewujudkan pembangunan terpadu dan serasi.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) patut berbangga. Pasalnya, belasan Kepala Desa (Kades) di kabupaten ini mendapat penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia.

Penghargaan dimaksud adalah Lencana Desa Mandiri. Penghargaan diserahkan simbolis oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, di akhir Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Kades (Kepala Desa).

“Penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ini diberikan kepada 18 Kades di Kutim. Karena dianggap berkomitmen dan kerja keras dalam mewujudkan desa mandiri,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Yuriansyah, usai pelantikan Kades di GSG.

Penghargaan diberikan berdasarkan Surat Keputusan Mendes PDTT Republik Indonesia (RI) Nomor 80 Tahun 2022, tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa tahun 2022. Ditetapkan di Jakarta pada 11 Juli 2022 lalu dan ditandatangani sang Menteri Abdul Halim Iskandar.

Yuriansyah berharap, prestasi yang telah diraih oleh Kades sebelumnya, dapat menjadi motivasi dan ditiru oleh Kades definitive yang baru saja dilantik oleh Bupati Kutim. Sehingga ke depan, Kutim lebih maju dengan dukungan kemandirian desa disetiap kecamatan yang ada.

Berikut nama-nama Kades yang mendapatkan penghargaan dari Mendes PDTT RI :

Zainuddin, Kades Batu Timbau-Kecamatan Batu Ampar
Parakkasi, Kades Suka Rahmat-Kecamatan Teluk Pandan
Ardi Amiriddin L, Kades Sepaso, Kecamatan Bengalon
Ahmad Yadi, Kades Marga Mulya, Kecamatan Kongbeng
Sukardi B, Kades Mukti Jaya, Kecamatan Rantau Pulung
Bambang Eko Prasetyo, Kades Kebon Agung, Kecamatan Rantau Pulung
Slamet, Kades Wahau Baru, Kecamatan Muara Wahau
Machmud, Kades Wanasari, Kecamatan Muara Wahau
Muhammad Alwi, Kades Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan
Roni Wahyudi, Kades Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan
MA Agus, Kades Benua Baru Ulu, Kecamatan Sangkulirang
Basir, Kades Benua Baru, Kecamatan Sangkulirang
Wahidi Mashur, Kades Muara Bengkal Ulu, Kecamatan Muara Bengkal
Julfansyah, Kades Benua Baru, Kecamatan Muara Bengkal
Syarani, Kades Muara Bengkal Ilir, Kecamatan Muara Bengkal
Petrus Sombolayuk, Kades Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara
Wahyuddin Usman, Kades Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara
Mulyanti, Kades Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat memberikan keterangan setelah selesai melaksanakan pelantikan terhadap 79 Kepala Desa (Kades), hasil Pilkades serentak dan pergantian antar waktu. Pelantikan Kades untuk masa jabatan 2023-2029 ini dilangsungkan di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG), Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Jumat (17/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutim tidak lupa juga mengingatkan kedudukan, kewenangan, serta keuangan desa yang semakin kuat, penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan lebih akuntabel. Didukung dengan sistem pengawasan antara pemerintah desa dan lembaga di desa. Khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Para Kades diharapkan mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat secara proporsional dan merata. Sehingga dapat mewujudkan pembangunan terpadu dan serasi,” tambahnya.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh Kades untuk segera melakukan koordinasi internal dengan Perangkat Desa. Guna membangun komunikasi yang harmonis dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun lembaga di desa. Sebagai mitra kerja untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Pelajari regulasi (peraturan) yang terkait dengan desa. Cermat dan hati-hati dalam pengelolaan anggaran desa, jangan malu bertanya. Jangan sampai saudara bersinggungan dengan permasalahan hukum,” tegasnya.(*/Kominfo Kutim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button