DPRD Kutim

Makna Hari Lahir Pancasila Menurut Ketua DPRD Kutim

Sangatta – Tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Dalam momen Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Joni S Sos mengimbau masyarakat agar Hari Lahir Pancasila tetap selalu diperingati setiap tahunnya dengan menggelar upacara serta selalu menjaga kerukunan bangsa. Sebab, Hari Lahir Pancasila merupakan sejarah dan bangsa Indonesia merupakan sebuah negara dengan multikulturalisme yang ditempati banyak suku bangsa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Joni usai megnikuti Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kutai Timur, Kamis (1/6/2023).

Joni mengatakan, dengan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 sesuai dengan temanya, yaitu Gotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dan waktu yang tepat untuk bekerjasama dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global. Pancasila adalah motivasi untuk bangsa Indonesia dalam menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan khususnya Kutai Timur dan rakyat Indonesia pada umumnya,” ujar Joni

Dalam kesempatan ini, Joni juga meminta kepada masyarakat agar dapat mendoakan para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan negara, agar mereka ditempatkan di tempat yang layak di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Tidak lama lagi kan akan diadakan pesta politik, kita berharap dengan momen Hari Lahir Pancasila ini bisa menyatukan semua kalangan baik itu muda maupun tua. Artinya bagaimana kita dapat mensukseskan program-program pemerintah pusat, yang arahnya untuk kemajuan Indonesia,” pungkasnya.(dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button