BERITA TERKINISangatta

DPC GAMKI Kutim Periode 2021-2024 Resmi Dilantik

"GAMKI bersedia untuk selalu berkolaborasi bersama gereja dan organisasi Cipayung. Mari membangun toleransi untuk Kutai Timur," tutur Steven Robert Baya.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Dewan Pimpinan Cabang (DPC ) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kutai Timur (Kutim) masa bakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Pengurus DPD GAMKI Kaltim.

Mengusung tema “Usahakanlah Kesejahteraan Kota Dimana Kamu Berada dan Doakanlah”, acara pelantikan digelar di Hotel MS Sangatta, Jumat (24/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua Komisi D DPRD Kutim Yan Apui, Perwakilan Kemenag, GP ansor, KBMKS, Organisasi Cipayung seperti PMII, HMI, GMNI, dan beberapa pemuda gereja di Kutim.

Ketua DPC GAMKI Kutim, Steven Robert Baya menyampaikan tujuan dan komitmennya dalam mengemban amanah ketua organisasi. Dijelaskan, GAMKI merupakan tempat berjuang bersama melayani untuk Kutim.

Salah satu agenda organisasi, kata dia, GAMKI akan melaksanakan Festival Natal yang bekerja sama dengan panti asuhan.

“GAMKI bersedia untuk selalu berkolaborasi bersama gereja dan organisasi Cipayung. Mari membangun toleransi untuk Kutai Timur,” tutur Steven Robert Baya.

Dewan Penasehat GAMKI Kutim, Lukas Himuq, SH.,MH dalam sambutannya mengatakan, untuk pertama kalinya kegiatan GAMKI dihadiri oleh orang penting nomor 2 di Kutim, yakni Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Lukas Himuq menjelaskan, GAMKI ini merupakan organisasi kepemudaan yang dipelopori di Kutim pada tahun 2019. Saat ini, GAMKI Kutim sudah berusia 4 tahun dan memiliki kader yang masih terbatas.

“Harapan saya kepada rekan pengurus dan juga pemerintah agar bisa membantu organisasi yang lebih baik kedepannya. Dan selalu berpartisipasi dalam organisasi pemuda di Kutai Timur,” ujarnya.

Pengurus DPD GAMKI Kaltim, Bung Arianto mengatakan bahwa GAMKI di provinsi bersatu dengan elemen agama lain.

“Kami bersatu dinamakan pemuda lintas agama. Harapan kepada DPC mampu berkomitmen bersama membantu kader GAMKI untuk pemuda dan mampu mewujudkan impian dan cita-cita Ora et labora (berdoa dan bekerja),” ungkapnya.

Penasehat GAMKI Kutim, Yan Apui menyatakan bahwa kehadirannya sebagai buktikan dukungan kepada kepemudaan, dimana kepemudaan adalah tulang punggung nusa dan bangsa dalam mewujudkan prestasi. Keberadaanya diharapkan mampu berkolaborasi dengan pemerintah, termasuk untuk kepentingan bersama.

“Kepemudaan kita bisa lihat sejak 2 tahun vakum, karena apa?. Maka dari itu mari kita bangkitkan semangat lagi dengan melakukan kegiatan positif, seperti memprogramkan kegiatan untuk bangsa dan salah satunya kita mampu menarik pemuda yang dari negatif bisa mengarah ke positif,” ungkap legislator Partai Gerindra tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dalam sambutannya
Mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang telah dilantik pada malam itu.

“Seingat saya GAMKI ini adalah salah satu OKP tertua di Kutai Timur, pada saat itu saya masih berusia 25 tahun saya juga masih di KNPI. Kita pemuda ini harus menyatu di dalam forum,” ucapnya.

Berbicara tentang pemuda, kata Kasmidi, sangat fokus karena menyadari apa yang diraihnya hari ini beranjak dan berawal dari anggota pemuda. Kasmidi mengaku bangga dengan peran pemuda.

Untuk itu, Kasmidi menekankan kepada pemuda yang diberikan amanah agar tetap komitmen dengan tujuan. Sehingga mampu mengembangkan diri dan berguna bagi masyarakat.

Kasmidi menegaskan, pemerintah wajib memberi ruang dan mendukung pemuda. Dirinya juga mengingatkan pemuda agar tidak muda terprovokasi. Tidak melihat dari warna dan ideologi selama tidak ada larangan. Beda agama tapi boleh bersama.

Kasmidi mengaku setuju OKP atau organisasi yang tidak berjalan harus dikoreksi agar pemuda mampu berperan dan menyuarakan aspirasi dari pengurus organisasi yang diwadahi.

“Pemerintah akan mensuport kegiatan pemuda tanpa terkecuali dan tidak akan menutup diri,” pungkasnya. (dm6).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button