BudayaKutai TimurPemkab Kutim

Buka Pelatihan DasarPemandu Wisata, Bupati Beberkan Potensi Wisata di Kutai Timur

SANGATTA, deltamahakam.co.id  – Bupati Ardiansyah Sulaiman menggambarkan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sebagai Magic Land atau Tanah Ajaib. Ia menekankan bahwa potensi kekayaan dan keindahan alam di Kutim sangatlah luar biasa. Jika potensi tersebut dikelola dengan baik, Kutim pasti akan mampu menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung.

“Kami memiliki segala potensi yang bisa dijadikan destinasi wisata. Mulai dari hutan tropis, pantai, keindahan bawah laut, wisata sejarah, hingga wisata adat budaya, semuanya ada di sini,” ujar Bupati sebelum membuka Pelatihan Dasar Pemandu Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata di Hotel Victoria pada hari Senin, 22 Mei 2023.

Dalam memanfaatkan kekayaan alam yang masih sangat alami ini, Bupati berharap masyarakat Kutim dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk menjadikannya sebagai destinasi pariwisata yang menarik. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 35 ribu kilometer persegi.

Selain itu, Kutim juga merupakan salah satu wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) dalam bidang Ekonomi Kreatif. Oleh karena itu, diperlukan dukungan, terutama dalam hal infrastruktur yang memadai. Salah satu aspek yang penting adalah pembangunan Bandar Udara (Bandara) yang representatif.

“Oleh karena itu, bagi peserta yang mengikuti pelatihan hari ini, saya harap Anda dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber. Peran Anda sangat penting karena Anda adalah ujung tombak dalam memperkenalkan pariwisata yang ada di Kutim,” tambah Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah, menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), komunitas, guru, pemandu wisata, wartawan, dan masyarakat umum. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 22 hingga 24 Mei 2023, dengan melibatkan narasumber dari Himpunan Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur (HPI Kutim). (ADV/dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button