BudayaIbu KotaKutai TimurPemkab Kutim

GWN Expo 2023, Kutai Timur Raih Predikat Juara Stand Terbaik

JAKARTA, deltamahakam.co.id – Dinas Pariwisata Kutai Timur (Dispar Kutim) meraih juara pertama sebagai stand terbaik dalam ajang Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Smesco Exhibition Hall Jakarta Selatan. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Yunitha Ronting, yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata Nurullah yang berhalangan hadir. Piagam penghargaan diserahkan oleh Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara, Dwi Marhen Yono, pada Minggu (11/06/2023).

Yunitha Ronting, saat dihubungi melalui telepon, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini yang menjadi catatan terbaik bagi Dispar Kutim. Prestasi ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk lebih gencar dalam mempromosikan destinasi pariwisata di Kutai Timur.

“Kami tidak berharap hal yang besar saat berangkat, Pak Kepala dinas (Nurullah) hanya berpesan agar kami memberikan yang terbaik, dan jika mendapatkan hasil maksimal seperti menjadi juara, itu akan dianggap sebagai bonus,” ujarnya.

Yunitha juga mengakui bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh semua pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dispar. Para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif yang terlibat dalam acara tersebut juga memiliki peran penting, karena produk-produk mereka yang dipajang selama pameran mampu menarik perhatian pengunjung.

“Buku tamu kami habis karena antusias pengunjung saat melihat stand kami sangat luar biasa. Mulai dari yang bertanya tentang destinasi pariwisata, produk ekonomi kreatif, hingga produk UMKM di Kutai Timur,” tambahnya.

GWN Expo 2023 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dengan tujuan untuk menginformasikan, memasarkan, dan mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah. Tahun ini, acara tersebut diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari perwakilan kabupaten/kota, provinsi, dan eksibitor yang bergerak di bidang pariwisata. Pameran ini menampilkan informasi mengenai objek dan destinasi pariwisata di Indonesia serta perkembangan industri pendukung pariwisata, termasuk penjualan paket wisata domestik dan mancanegara.

GWN Expo 2023, yang juga menghadirkan pameran “Tourism Transportation & Travel Service,” Jambore Desa Wisata, Inasport Expo, dan Agro Food Expo 2023, memberikan kesempatan bagi Dispar Kutim untuk meraih prestasi sebagai juara pertama dalam kategori stand terbaik. Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berada di posisi kedua, sementara posisi ketiga ditempati oleh Kabupaten Badung, Provinsi Bali. (ADV/dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button