ADVERTORIALKutai TimurPemkab Kutim

Sambut Baik Program Prioritas, Kutai Timur Incar Peningkatan Pariwisata

Samarinda, DeltaMahakam.co.id – Sektor pariwisata menjadi sorotan dalam program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Informasi ini terungkap dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutim di Samarinda beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Nurullah, menyambut baik langkah ini dan menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian daerah. Namun, dia menyoroti tantangan akses pariwisata yang masih terbatas di sekitar kawasan perhutanan.

“Namun sebagaimana kita ketahui, akses pariwisata kita banyak yang terdapat di sekitar kawasan perhutanan yang hingga saat ini belum bisa untuk intervensi, terutama untuk mendukung kemajuan pariwisata kita,” ungkap Nurullah.

Pengembangan pariwisata, menurut Nurullah, memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai sebagai daya tarik bagi wisatawan. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Kepariwisataan, UU Nomor 10 Tahun 2009, yang menekankan pentingnya aksesibilitas.

“Sedari sekarang, kita akan mulai siapkan sektor pariwisata ini menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita. Termasuk menjadi salah satu pembangkit ekonomi masyarakat lewat pariwisata,” tambahnya.

Dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), Nurullah yakin hal ini akan memberikan dorongan positif terhadap pariwisata Kutim. Ia optimis bahwa destinasi pariwisata di Kutim akan menjadi primadona baru, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Nah, belum lagi nanti kalau pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang sudah jadi, akan menjadi nilai tambah bagi kita, jadi kita optimis, pariwisata kita akan terus berkembang,” pungkasnya. (adv/dmbl)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button