BERITA TERKINIBudayaKutai TimurPemkab Kutim

Festival Budaya Akan Berlangsung Meriah, Dispar Kutim Targetkan Puluhan Ribu Pengujung

Pesta adat ini bakal berlangsung meriah, dimana Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah siap dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Sangatta,deltamahakam.co.id-Dinas Pariwisata (Dispar) Pemkab Kutim melaksanakan Pesta adat dan budaya Lom Plai dayak wahea.

Kegiatan itu di lakasanakan di di Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim).

Pesta adat ini bakal berlangsung meriah, dimana Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah siap dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Pesta adat dan budaya Lom Plai sudah berjalan dari tanggal 15 Maret hingga puncaknya di tanggal 20 April 2024 mendatang.

Untuk itu, Dispar Kutim mengajak masyarakat Kutai Timur untuk ikut serta memeriahkan dan menyukseskan kegiatan festival budaya tersebut.

Staf Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kutim Wahyu Ramadhana mengatakan jika festival budaya ini masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Festival Budaya ini masuk dalam evnt KEN, di bawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” katanya, Kamis (18/4/2024).

pihaknya menargetkan dalam event tersebtu tahun ini akan mengundang sebanyak mungkin pengunjung.

“Kami upayakan banyak pengunjung. Ini kami ditantang kementrian juga, harus ada perubahan signifikan dari sisi pengunjung,” jelasnya.

Untuk itu Dispar Kutim aka menargetkan 10 ribu hingga 50 ribu pengunjung yang menghadiri pesta adat dan budaya Lom Plai.

“Kendala saat ini masih seputar promosi, Kami sudah berusaha menggandeng semua media partner, baik media lokal maupun Nasional,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan jika kegiatan Festival budaya tersebut bebas untuk masyarakat umum. Namun pihaknya mengimbau untuk tertip sesusai jadwal yang telah ditentukan panitia.

“Kita mengimbau kepada para pengunjung agar bisa mengikuti sesuai jadwal yang telah ditentukan dan tidak melanggar aturan adat yang ada,” pintnya.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan tersebut, seperti persiapan dimulai penyambutan tamu di rumah-rumah warga, kirab budaya, lomba dayung perahu.

Kemudian tarian kesenian dari dayak wahea seperti tarian kolosal, ritual Hudoq, tarian Hudoq, dan tarian tumbambataq.

Rangkaian kegiatan telah dipersiapkan Dispar Kutim dan panitia lokal pada acara puncak. (adv/*am)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button