BERITA TERKINIKutai Timur

Wabup Kutim Rencanakan Festival Budaya Dan Wisata Pulau Miang

SANGATTA,deltamahakam.co.id– Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang meminta kepada Dinas Kebudayaan (Disbud) dan Dinas Pariwisata (Dispar) berkolaborasi membuat agenda yang mengangkat ikonik Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Hal itu dikarenakan kedua organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut memiliki potensi untuk mengangkat ikonik yang ada di Kutim.

Pasalnya, ia menilai Kutim memiliki potensi yang sangat besar dalam hal wisata dan budaya lantaran bentang alam serta suku yang beraneka ragam.

“Saya minta Disbud dan Dispar ini bisa berkolaborasi sama-sama membuat schedule untuk membuat agenda seperti festival Pulau Miang,” ungkapnya saat membuka acara seleksi awal Duta Budaya di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (23/6/2022)

Kata dia, ia telah merencanakan pengadaan festival budaya dan pariwisata di Pulau Miang di tahun ini atau tahun depan. Dimana agenda tersebut diisi dengan guide wisata di Pulau Miang, festival adat istiadat, dan sebagainya.

“Nanti agendanya diisi denga eksplore biota laut, wisata-wisata menarik disana (Pulau Miang), adat istiadat Pulau Miang bahkan Sangkulirang,” terangnya.

Selain itu, ia juga meminta peserta Duta Budaya diminta untuk lebih eksplore dalam menjajahi budaya adat istiadat di Kutim.

Sedangkan Disbud sebagai leading sektor dari pengembangan budaya, diharapkan dapat memberikan fasilitas pelatihan-pelatihan.

“Nanti Disbud bisa melatih adik-adik dengan berbagai pelatihan mengenai kebudayaan yang ada di Kutim,” tutupnya.(adv/dm2/Kominfo)

Related Articles

Back to top button