BudayaKutai TimurPemkab Kutim

Tutup Roadshow Bazar UMKM Pertama, Bupati Optimis Dampak Positif Kegiatan Untuk UMKM

SANGATTA, deltamahakam.co.id – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan optimisme terhadap program peningkatan perekonomian masyarakat melalui kegiatan Bazar UMKM.

“Meskipun belum berjalan dengan optimal, saya yakin program ini akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ujar Ardiansyah saat penutupan Roadshow Bazzar Promosi UMKM di titik ketiga. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman Gedung Eks STAIS, di Jalan APT Pronoto, pada Senin (17/04/2023) sore.

“Saya salut dengan keberanian penyelenggara yang menggelar acara ini di bulan puasa. Sejak awal, saya melihat banyak produk yang dipajang dengan kualitas yang sangat baik,” tambah Ardiansyah.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Plt Asisten Administrasi Umum Setkab Kutim Didi Herdiansyah, serta beberapa kepala Perangkat Daerah (PD) dan undangan lainnya juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ardiansyah meminta kepada Dinas Koperasi dan UKM untuk segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kegiatan ini sebelum dilaksanakan kembali di 18 titik lainnya. Ia juga menyampaikan rencana kegiatan mendatang, yakni di Pantai Sekerat (Kecamatan Bengalon), Muara Wahau, dan Kilometer 110 (Kecamatan Bengalon).

“Kolaborasi dengan tim kesenian, baik tradisional maupun modern, juga harus dilibatkan dalam event ini. Orang tidak hanya datang untuk berbelanja, tetapi juga ingin menikmati tampilan seni dan budaya yang ada,” pesan Ardiansyah.

DI tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Darsafani, mengungkapkan harapannya agar PD terkait turut serta dan berkolaborasi dalam memeriahkan kegiatan yang akan berlangsung hingga bulan Oktober mendatang.

“Kami akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata dan produk UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan Genpro, Leon, menjelaskan bahwa dari 25 tenant yang disediakan, sepuluh di antaranya diisi oleh perwakilan UMKM yang menjadi binaan beberapa PD.

“Kami akan mengundang mereka untuk mengikuti pelatihan kurasi produk agar dapat ikut serta dalam Expo di Provinsi Bali pada bulan Juli mendatang,” ucapnya.

Dengan dilaksanakannya program Bazar UMKM ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kutai Timur. Kolaborasi antara pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan sektor pariwisata diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam memajukan sektor ekonomi lokal dan mempromosikan potensi wisata daerah secara lebih luas. (ADV/dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button