BERITA TERKINIKutai TimurSangatta

Disdukcapil Kutim Goes to School, Jumeah Targetkan SLTA se Kutim

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur terus berupaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat khususnya para pelajar yang sudah memasuki usia 15 tahun keatas yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Upaya itu dilakukan dengan cara jemput bola atau Disdukcapil Goes to School dengan menggunakan mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan yang menargetkan seluruh SMA/SMK, dan SLB Negeri Swasta di Kutim.

Para pelajar antusias mengikuti sejumlah rangkaian perekaman KTP-El mulai dari proses pendaftaran dengan menyerahkan data kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran kepada petugas lalu dilanjutkan dengan pengambilan foto dan sidik jari KTP-El

Kepala Disdukcapil Kutim, Jumeah S.sos.MM mengatakan, KTP-El wajib dimilki oleh setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan, termasuk warga negara asing yang memilki ijin menetap/tinggal di Indonesia. Karena fungsi utama KTP, dikatakannya, sebagai data resmi kependudukan yang berisi data diri, selain sebagai syarat layanan publik hingga program pemerintah.

“Alhamdulillah, hari ini kita mulai di SLB Negeri. Tidak ada kendala disini semua anak-anak yang mengikuti perekaman, secara bergantian Disdukcapil Kutim akan mendatangi sekolah-sekolah tersebut sesuai jadwal yang telah ditentukan.” katanya, Senin (26/9/2022).

Ia pun menyampaikan pesan bagi remaja saat ini untuk sadar akan pentingnya melengkapi Adminduk terutama KTP-El. Dengan memiliki KTP-El untuk menuju kelulusan, dengan mereka bisa mendapatkan banyak manfaat di kemudian hari, misalkan sebagai pengajuan beasiswa untuk menuju perguruan tinggi maupun persiapan melamar pekerjaan.

“KTP-El tidak hanya berfungsi sebagai identitas, namun juga digunakan untuk banyak hal, melamar kerja, mendapatkan beasiswa, mendapatkan bantuan dari pemerintah dan bahkan yang terbaru adalah digunakan untuk program vaksinasi Covid-19. Jadi kami berharap para remaja terutama yang masih duduk di bangku SMA/SMK dapat menyadari akan pentingnya kepemilikan KTP-El,” jelasnya.(dm2)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button