BERITA TERKINIKALTIMKutai TimurSangatta

Gubernur Kaltim Jadi Irup HUT ke-23 Kutim

Isran Noor Berpesan Jaga Kedamaian dan Persatuan

Sangatta, deltamahakam.co.id – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berjalan dengan lancar. Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menjadi Inspektur upacara, yang dilangsungkan di Lapangan Kantor Bupati Kutim, Rabu (12/10/2022).

Komandan Upacara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Kutim Trisno, dan menjadi peserta upacara terdiri dari Kodim 0909/Kutai Timur, gabungan Kodim 0909/Kutim, Lanal Sangatta dan Polres Kutim, Gabungan Pegawai di Lingkungan pemkab Kutim, Para Pelajar, pleton Komponen Cadangan TNI-AD Kodim 0909/Kutim.

Nampak hadir Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Sultan Adji Muhammad Arifin. Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekretaris Daerah (Sekda) Rizali Hadi, Ketua DPRD Joni dan jajarannya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Camat, Stakeholder serta undangan lainnya.

Gubernur Isran Noor mengucapak selamat HUT ke 23 Kabupaten Kutim, semoga di momentum hari ulang tahun kali ini masyarakat Kutim semakin bahagia dan sejahtera. Apalagi tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti Kirab Budaya, Pawai Pembangunan, Lomba Olahraga Tradisional, Expo Pembangunan serta kegiatan lainnya yang melibatkan seluruhn masyarakat.

“Saya terus berpesan mari terus menjaga keamanan, kerukunan dan kedamaian. Semangat dalam merajut rasa persaudaraan dan solidaritas antar sesama. Semoga dengan semua yang kita lakukan akan memupuk perstauan dan kesatau kita semua,” pesan Isran.

Apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kutai Timur, karena diusaianya yang ke 20 tahun ini sambung Ardiansyah. Kutim terus bersemangat melakukan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Beberapa waktu yang lalu Pandemi Covid-19 telah melumpuh perekonomian, membatasi ruang gerak orang dan barang. Alhamdulillah saat ini mulai berkurang dan melakndai. Oleh karena itu pembangunan harus tersu maju tidak boleh berhenti, perekonomian dan kesejahteraan tidak boleh menurun,” tuturnya .

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini pemerintah baik pusat dan daerah sudah melakukan pemulihan ekonomi dengan focus peningkatan usaha produkti dan meningkatkan daya beli masyarakat. Karena itu Pemerintah Kabupaten Kutim hendaknya juga segera melakukan terobosan dengan inovasi dan kreatifitas.

Perekonomian di Kabupaten Kutai Timur harus kuat, tumbuh dan berkembang dengan baik, lanjutnya. Terlebih lagi, karena Kutai Timur memiliki sumber daya alam (SDA) yang berlimpah. Di Kabupaten ini sudah berkembang pesat sektor pertambangan, sektor pertanian dan sektor perkebunan yang didukung Kawasan Industri dan Pelabuhan Maloy.

“Saya juga percaya Kutai Timur akan menjadi menjadi limbung pangan dan hortikultura utama bersama daerah lain, seperti Penajam Paser Utara, Kutai Karta Negara dan Kutai Barat, sekaligus penyokong kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Sepaku PPU dan Kutai Kartanegara dan daerah sekitarnya,” ujarnya.

Mantan Bupati Kutim ini berharap, akan ada banyak kegiatan pembangunan di berbagai sektor yang merupakan terobosan dan inovasi Pemerintah Daerah Kutim bersama masyarakat yang lebih baik dan maju. Seperti sektor UMKM, Pariwisata Pendidikan dan pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja baru.

Terus bangun dan tingkatkan SDM diberbagai bidang, pemahaman dan pengalaman ajaran dan nilai-nilai keagamaan, sehingga tercipta insan yang beriman dan bertaqwa, probadi yang santun dan berakhlak mulia serta serta daerah yang aman dan damai.

“Pada hari ini saya mengajak semua pihak, baik di pemerintahan maupun masyarakat Kabupaten Kutai Timur pada umumnya, agar tidak malas tidak “Mbayut” tapi rajin bekerja dan penuh optimis,” pungkasnya.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan penghargaan bagi Lurah berprestasi, kepala desa berprestasi, camat berprestasi, koperasi berprestasi dan mitra perusahaan yang baik terhadap koperasi kemitraan serta pendamping yang aktif. Kemudian, Pencak Silat, Tarian Kolosal SMP Negeri 1 Sangatta Utara dan SMP Negeri 3 Sangatta Utara dan Tarian Kolosal SMA Negeri 2 Sangatta Utara. (Kominfo/Wak Hedir).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button