DPRD KutimKutai Timur

DPRD Kutim Sosialisasikan Perda Nomor 1 Tahun 2022 di Sangkulirang

Sosialisasi Perda merupakan tugas legislatif selaku penyusun kebijakan daerah. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya di lapangan.

KUTAI TIMUR, deltamahakam.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) melakukan sosialisasi Perda (Sosper) No 1 tahun 2022 terkait penyelenggaraan ketenagakerjaan di Kecamatan Sangkulirang.

Sosialisasi Perda merupakan tugas legislatif selaku penyusun kebijakan daerah. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya di lapangan.

Anggota DPRD Kutim, Faisal Rachman mengatakan sosialisasi yang dilakukan di Kutim untuk melindungi pencari kerja sesuai yang telah di terbitkan Perda no 1 tahun 2022.

“Jadi Perda ini diminta yang pertama itu pemberi kerja itu paling tidak memberikan porsi 80% untuk kesempatan kerja tenaga lokal, yang ke dua dalam Perda itu memberikan tugas kepada dinas ketenagakerjaan untuk melakukan perencanaan pengelolaan terkait ketenagakerjaan,” ujar Faisal Kamis (3/10/2022).

Selain itu, Faisal Rachman juga menyampaikan agar yang akan mencari kerja harus melapor ke dinas ketenagakerjaan terlebih dahulu, agar dinas bisa menginput data terkait pencari kerja.

“Jadi semua pengelolaan dan masyarakat diminta yang ada di Kutai Timur kalau akan mencari kerja melapor ke dinas, supaya dinas ketenagakerjaan punya satu data terkait pencari kerja dan perusahaan perusahaan yang ada di Kutim yang membuka lowongan harus melaporkan ke dinas. Jadi pencari kerjanya satu data dan lowongan yang ada di Kutim juga satu data,” ucapnya.

Faisal Rachman juga berharap agar perda ini bisa diikuti dan bisa dijalankan oleh seluruh stakeholder yang ada di Kutim.

Didalam Perda ini disebut kewajiban pemerintah untuk menyiapkan balai latihan kerja, dimana Kutai Timur telah mempunyai balai latihan kerja tersebut, tinggal bagaimana hal itu dibicarakan oleh pemerintah dengan DPRD untuk mensupport kegiatannya. (*/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button