BERITA TERKINIKodim 0909/KTMSangatta

Danramil 0909-01 Sangatta Sampaikan Sosialisasi Wasbang pada Ikatan Warga Sulawesi Tengah

"Menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan kedisiplinan sebagai pondasi berbangsa dan bernegara rela berkorban demi bangsa dan negara serta kebaikan," ujar Kapten Inf Arif.

SANGATTA,deltamahakam.co.id- Komandan Koramil 0909-01 Sangatta , Kapten Inf Arif Safardiyatno menjadi nara sumber guna memberikan materi sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada ikatan warga sulawesi tengah yang di laksanakan di gedung BPU Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara kabupaten Kutai Timur, Senin (14/11/2022).

Dalam paparannya, Kapten Inf menyatakan, momentum ini sangatlah baik dan tepat guna membangkitkan semangat para warga sulawesi tengah dengan melakukan aksi nyata seperti penguatan karakter diri.

“Menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan kedisiplinan sebagai pondasi berbangsa dan bernegara rela berkorban demi bangsa dan negara serta kebaikan,” ujar Kapten Inf Arif.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan terdapat nilai karakter integritas yang mendasari perilaku seseorang untuk selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral,” katanya.

“Karakter integritas meliputi sikap tanggung jawab melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran,” imbuhnya.

Tidak kalah penting, lanjut dia, nilai karakter mandiri yang merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita.

Untuk itu, ikatan warga sulawesi tengah ini diharapkan harus mandiri memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi tulang punggung dalam membangun wilayah masing-masing dengan bersinergi dengan pihak terkait tegasnya.

Dia menambahkan, tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa.

“Wawasan kebangsaan adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Kapten Inf Arif Safardiyatno. (*/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button