BERITA TERKINISangatta

Hijaukan Pantai Kenyamukan Dengan Ratusan Bibit Mangrove

"Harapannya agar para anggota pramuka aktif terhadap Adiwiyata masing masing sekolahnya" ujar Irma Yuwinda mewakili Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutim Asti Mazar, SE.Msi.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Pantai Kenyamukan di Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), menjadi sasaran penghijauan, Jumat (9/10/2022).

Penanaman pohon diprakarsai oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutim dan menggandeng OPD terkait, TNI-Polri, dan pihak terkait lainnya.

Sebelum bergerak, panitia melaksanakan apel kesiapan.

Dalam giat lingkungan kali ini dihadiri Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Selvianus Wowor, Danramil diwakili Babinsa Sangatta Utara SS Bintang, Lanal diwakili Lettu Tanda, Polres diwakili kasar Bimas Iptu Suparmin, Danpos airud Bripka Acep, Ketua RT setempat, Saka Bhayangkara, saka Bahari, saka Wana Bakti, saka Wirakartika, saka Kalpataru yang ada di Kutai Timu termasuk pembinanya, serta perwakilan siswa siswi dari beberapa sekolah SMP dan SMA Negri 1 dan 2 Sangatta Utara, SMA Negri 1 Sangatta Selatan, SMK Negri 1 Sangatta Utara, SMK Nurul Hikmah dan Singa Geweh.

Dilaporkan, panitia menyiapkan bibit mangrove sebanyak 500 bibit dari jenis bakau yang akan ditanam di lokasi penanaman dengan menggunakan jarak tanam 1 x 1 meter.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutim Asti Mazar, SE.Msi, yang diwakili Irma Yuwinda dalam paparannya menyampaikan, penanaman mangrove ini sangat bermanfaat terutama dalam menjaga kelestarian ekosistem dan menahan abrasi pantai. Ia berpesan agar tetap peduli terhadap lingkungan.

“Harapannya agar para anggota pramuka aktif terhadap Adiwiyata masing masing sekolahnya” ujar Irma Yuwinda.

Ditemui di lokasi penanaman, salah seorang pemerhati mangrove Asnaenie (44), menyampaikan masukan agar penanaman mangrove yang kerap dilakukan sebaiknya memperhatikan jenis bibit dan zonasi tempat penanaman.

“Sangat disayangkan jika bibit yang ditanam akan mati atau larut saja terbawa ombak,” bebernya. (dm3/dm5)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button