ADVERTORIALBERITA TERKINIPemkab KutimSangatta

Buka Bazar Promosi UMKM, Bupati Kutim Singgung Kiprah Program 50 Juta/RT

Dalam arahannya, Ardiansyah menyampaikan program pemerintah daerah yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, seperti program Rp50 juta/RT yang dinilai telah terlaksana dengan baik.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menyemarakkan gebyar peringatan ke-76 tahun Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2023 dengan kegiatan bazar promosi UMKM.

Dibuka secara resmi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pada, Jumat (7/7) malam, kegiatan diikuti 60 pelaku UMKM dan dipusatkan di halaman Heliped, Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi.

Dalam arahannya, Ardiansyah menyampaikan program pemerintah daerah yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, seperti program Rp50 juta/RT yang dinilai telah terlaksana dengan baik.

Ardiansyah menyebut program Rp50 juta/RT, salah satunya mendorong setiap ketua RT untuk membuat pelatihan dan peningkatan SDM bagi pelaku UMKM di wilayahnya masing-masing. “Alhamdulillah program 50 juta/RT di antara masyarakat yang telah mengikuti pelatihan, mereka ternyata sudah ada yang mampu untuk hidup mandiri dan membuat UMKM sendiri. Ini salah satu upaya yang akan terus kita dorong,” ucapnya.

Ardiansyah mengucap syukur karena kegiatan bazar promosi UMKM yang dilaksanakan, kali ini dimeriahkan oleh pelaku UMKM lokal dari berbagai kecamatan di Kutim. Tak jauh berbeda dengan kegiatan serupa yang digelar sebelumnya.

Meski begitu, Ardiansyah tetap meminta Diskop UMKM Kutim untuk lebih giat lagi melakukan pembinaan dan pemberdayaan dengan mendorong peningkatan kualitas produk atau hasil kerajinan dari para pelaku koperasi, UMKM, dan ekonomi kreatif. “Tidak hanya kualitas produksi, mungkin juga kuantitas produksi mana kala mereka bisa masuk pasar global,” ucapnya.

Produk lokal masuk pasar global, Ardiansyah mencontoh pisang gepok yang diminati oleh sejumlah negara. Di lain sisi, pisang gepok juga dipasok ke sejumlah daerah di luar Kaltim. “Kemarin di acara KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Provinsi Lampung dan Sumatra Utara siap mengambil pinang gepok kita. Ini salah satu cara kita juga untuk meningkatkan pasar, baik lokal maupun global,” jelasnya.

Terkahir, Ardiansyah mengajak semua lapisan masyarakat untuk meramaikan kegiatan bazar promosi UMKM tersebut.

Sebelumnya, Kepala Diskop UMKM Kutim Darsafani menjelaskan bahwa kegiatan bazar promosi UMKM yang kali ini digelar dalam momentum peringatan Harkopnas 2023, merupakan program rutin Diskop UMKM Kutim. Kegiatan serupa telah sukses dilaksanakan di berbagai titik di wilayah kecamatan.

“Gebyar Harkopnas ini memang sengaja kita rangkai dengan bazar promosi UMKM. Kegiatan promosi UMKM ini adalah rangkaian dari kegiatan roadshow terdahulu yang sudah kita laksanakan di beberapa titik di kecamatan,” sebutnya.

Darsafani mengaku kegiatan dan program Diskop UMKM Kutim selama ini mendapat dukungan dari kepala daerah. Ia menyebut program pembinaan dan peningkatan SDM pelaku koperasi telah digelar rutin tahun ini.

“Kita tahun ini Alhamdullilah mendapat porsi peningkatan SDM pelaku koperasi dan pelaku UMKM, kita ada 34 pelatihan dengan satu angkatan diikuti 30 orang peserta. Jadi 20 angkatan dari koperasi dan 14 angkatan dari UMKM,” bebernya.

Kegiatan Bazar promosi UMKM bertema “Memajukan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” dalam Harkopnas 2023 Gebyar itu berlangsung dari 7-16 Juli. Ini atas kerjasama dengan Global Entrepreuner Profesional (Genpro) Kalimantan Timur (Kaltim). Turut hadir dalam acara pembukaan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang beserta sejumlah pejabat Pemkab Kutim, FKPD, dan tamu undangan lainnya. (adv/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button