BERITA TERKINISangatta

Upacara 17 Januari 2023, Pasiter Kodim 0909/Kutai Timur Sampaikan Visi Panglima TNI

"Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi Patriot, yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. TNI kuat, rakyat bermartabat," ungkap Pasiter membacakan amanat Panglima TNI.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Komando kewilayahan adalah kompartemen strategis ketahanan wilayah yang memiliki peranan penting dalam pembinaan wilayah.

Pesan ini disampaikan Pasiter Kodim 0909/KTM Kapten Inf Arif Safardiyatno saat menjadi Irup upacara 17 san yang dilaksanakan di lapangan Makodim 0909/KTM, jalan Teritorial Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur.

Selain pesan tersebut, Pasiter juga membacakan amanat Panglima TNI yang antara lain TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan oleh undang undang sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa.

“Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi Patriot,
yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. TNI kuat, rakyat bermartabat,” ungkap Pasiter membacakan amanat Panglima TNI.

Selanjutnya, untuk mewujudkan visi tersebut, Panglima TNI juga akan memberikan penekanan berupa perintah harian kepada seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI sebagai pedoman dalam berdinas dan bertugas sehari-hari sebagai berikut: pengabdian kalian kepada NKRI harus tulus ikhlas dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta teguh berpedoman pada Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI , tingkatkan kualitas sumber daya prajurit agar menjadi prajurit yang profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi, dan mempunyai loyalitas tinggi serta bermental Sapta Marga , pertajam naluri tempur dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas operasi gabungan Perkokoh soliditas antar satuan TNI dan perkuat pula sinergitas TNI dengan Polri serta dengan elemen pemerintah dan lembaga lainnya , TNI harus menjadi pengayom dan membantu kesulitan rakyat guna memberikan rasa
aman dari segala bentuk ancaman.

Kehadiran setiap prajurit TNI harus membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya , wujudkan reformasi birokrasi di lingkungan dan kultur organisasi TNI agar TNI menjadi instansi yang bersih, bebas korupsi dan semakin dicintai rakyat , tanamkan nilai-nilai keprajuritan serta junjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, dan jaga selalu netralitas TNI , stop aksi arogansi prajurit TNI.

“Kalian harus tegas namun tetap harus humanis dan disegani. Dengan pendekatan humanis maka kalian akan bisa merebut simpati rakyat dan mendapatkan tempat istimewa di hati mereka,” ujarnya.

Selanjutnya Pasiter Kodim 0909/Kutai Timur mengajak untuk melaksanakan tugas dan fungsi aparat teritorial dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi “dengan penuh pengabdian terbaik bagi rakyat demi NKRI tetap jaya,” tegas Kapten Inf Arif Safardiyatno.

Hadir dalam upacara 17 antara lain Lettu Kav Roni Aprianto selaku Danup , Kapten Inf Imam Nawawi selalu Paup , para perwira staf Kodim 0909/KTM ,para Danramil jajaran Kodim 0909/KTM , personil Kodim 0909/KTM dan PNS Kodim 0909/KTM. (*/dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button