BERITA TERKINIKodim 0909/KTMKutai Timur

Danramil 0909-03 Muara Wahau Lantik Anggota Baru Saka Wira Kartika

Kapten Arh Asep Supriyatna Harap Saka Wira Kartika Jadi Pelopor Kegiatan Positif

KUTAI TIMUR,deltamahakam.co.id- Danramil 0909-03 Muara Wahau, Kapten Arh Asep Supriyatna melantik  anggota baru Saka Wira Kartika di halaman SMKN 1 Muara Wahau, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Minggu (16/10/2022).

Dalam arahannya, Kapten Arh Asep Supriyatna menyatakan, Koramil 0909-03 Muara Wahau sebagai jajaran Kodim 0909/KTM mempunyai tugas dan fungsi pembinaan salah satunya pembinaan generasi muda melalui gerakan pramuka.

“Yang mana setiap Koramil juga membina Ranting Saka Wira Kartika yang ada di wilayah Kodim 0909/Kutai Timur,” terangnya.

Kapten Arh Asep Supriyatna juga mengatakan bahwa salah satu satuan karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia adalah Saka Wira Kartika yang dibentuk, melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara.

“Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota pramuka penegak dan Pramuka pandega yang di mana kegiatannya dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika ini dibentuk sebagai salah satu upaya untuk membentuk patriot bangsa yang setia berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta menjaga keutuhan negara Republik Indonesia dengan tujuan pembentukan Saka Wira Kartika adalah untuk memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota gerakan Pramuka. Melalui kegiatan nyata produktif dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Dijelaskan Kapten Arh Asep Supriyatna, Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu yang merupakan bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 orang

“Saka Wira Kartika memiliki 5 Krida yaitu krida montenering, krida Pioneer, krida navigasi darat, krida penanggulangan bencana dan krida survival,” jelas Danramil.

Danramil berharap, dengan pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika ini kepada adik-adik pramuka agar dapat menjadi insan yang berguna bagi keluarga masyarakat bangsa dan negara. “Serta dapat menjadi siswa siswi yang lebih baik lagi terutama dalam hal-hal kebaikan serta mampu menjadi pelopor kegiatan positif di lingkungan tempat tinggalnya maupun dilingkungan sekolah,” tuturnya.

Hadir juga dalam pembukaan pendidikan dasar Saka Wira Kartika antara lain ketua ranting muara wahau H Sutarno , kepala sekolah SMKN 1 muara wahau Arman SE.MPd , pamong saka kencana Achmad , pamong saka kalpataru wana bakti , Puskesmas 2 Muara Wahau Dr.Kinang serta SMKN 1 Muara Wahau , SMKN 1 Kongbeng , SMAN 1Wahau , SMAN 2 Muara Wahau SMK HM dan anggota baru Saka Wira Kartika.(dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button