ADVERTORIALKutai TimurPemkab KutimPendidikanSangatta

Pekan Ketrampilan PAI di Kutai Timur: Menggali Potensi Siswa untuk Merdeka Belajar 2030

Sangatta, DeltaMahakam.co.id – Setelah sukses menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) yang membahas Sosialisasi Implementasi Kurikulum dan PAI Berbasis TIK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur (Disdikbud Kutim) kembali menggelar Pekan Ketrampilan PAI. Kegiatan ini melibatkan guru-guru serta siswa SMP se-Kutai Timur dan mengangkat tema “Mengoptimalkan Potensi Siswa menuju Merdeka Belajar 2030.”

Pekan Ketrampilan PAI menghadirkan 8 kategori cabang lomba, seperti seni tilawah, LCC, pidato, MHQ, adzan, kaligrafi, rebana, dan habsi. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikbud Kutim, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Ilham, dalam acara yang berlangsung di Aula Hotel Royal Victoria pada Rabu, 8 November 2023.

Turut hadir dalam acara ini jajaran Disdikbud Kutim, perwakilan dari Kementerian Agama, serta undangan yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kutim. Ilham, dalam laporannya, menyatakan bahwa Pentas Ketrampilan PAI merupakan bagian integral dari implementasi Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di semua satuan pendidikan di Kutim, terkait dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Salah satu poin yang dijelaskan dalam P5 adalah penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman dan berakhlak mulia. Ilham menegaskan, “Pendidikan agama menjadi salah satu yang tidak bisa ditawar-tawar.”

Dalam konteks pendidikan agama, Disdikbud Kutim tidak membedakan antara mata pelajaran, dengan fokus khusus pada mata pelajaran agama. Ilham menyoroti pentingnya dukungan pemerintah untuk peningkatan dunia pendidikan, seiring dengan inovasi dan kreativitas yang dihasilkan oleh para pendidik.

Pada lomba ini, diikuti oleh 290 peserta dari siswa jenjang SMP. Ilham memberikan pesan kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali pengalaman, menekankan pentingnya tali silaturahmi antar sesama, dan tidak hanya berorientasi pada hasil semata. (adv/dmbl)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button