ADVERTORIALKutai TimurPemkab KutimPendidikan

Bupati Ardiansyah Sulaiman: Guru TK-TPA, Pilar Penting Pembentukan Generasi Unggul

Sangatta, DeltaMahakam.co.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terus menggalang dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga pendidik, khususnya bagi guru Taman Pendidikan Al Quran (TK-TPA). Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan komitmennya dalam Sosialisasi Guru TK-TPA yang diselenggarakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kutim di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Bupati Ardiansyah Sulaiman menekankan kebermaknaan tugas para guru TK-TPA yang tidak hanya mengajarkan tatacara bacaan Al Quran, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada generasi yang akan tumbuh dan berkembang. “Para guru ini memiliki tugas mulia, menyampaikan pesan-pesan kebaikan yang ada di dalam Al Quran kepada anak-anak kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyoroti rukun Islam yang mengajarkan percaya kepada Al Quran. Ia menegaskan bahwa menjadi guru TK-TPA bukan hanya sebuah pekerjaan, tetapi juga sebuah panggilan untuk membentuk generasi dengan keimanan yang kuat melalui ajaran Al Quran.

Dalam rangka mendukung kesejahteraan para guru, Bupati Sulaiman mengungkapkan bahwa pemerintah daerah sedang merumuskan kebijakan untuk memberikan stimulus kepada pengajar TK-TPA agar dapat masuk dalam program BPJS Ketenagakerjaan rentan. “Saya sudah perintahkan kepada Dinas Sosial untuk mengecek kira-kira bisa masuk apa tidak,” tambahnya. Program ini diharapkan dapat memberikan jaminan kesejahteraan kepada mereka yang mengandalkan honor mengajar sebagai sumber pendapatan utama.

Menanggapi hal ini, Kepala Bagian Kesra Sahman menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi melibatkan guru TK-TPA dari lima kecamatan di Kutim. Salah satu poin penting dalam sosialisasi ini adalah cara penginputan data melalui Education Management Information System Pendidikan Agama Islam (EMIS PAI), yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Timur.

Dalam menghadirkan narasumber dari Kemenag Kutim, kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dan panduan kepada para guru TK-TPA terkait pengelolaan data melalui sistem tersebut. Selain itu, Sosialisasi Guru TK-TPA juga menjadi wadah untuk menyampaikan berbagai upaya pemerintah dalam mendukung kesejahteraan dan keberlanjutan pendidikan agama Islam di daerah tersebut. (adv/dmbl)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button