BERITA TERKINIDPRD KutimKutai Timur

5 Usulan Prioritas Setiap Titik Reses, Cara Arfan Wujudkan Aspirasi Masyarakat

"Saya kira dalam reses ini saya hanya meminta 5 prioritas agar nanti usulan masyarkat itu benar-benar kita kawal dan terealisasi di tahun anggaran berikutnya," ucap Arfan kepada redaksi media ini, Rabu (23/11/2022) malam.

KUTAI TIMUR,deltamahakam.co.id-Wakil Ketua II DPRD Kutai Timur (Kutim), H. Arfan, SE, MSi, telah menuntaskan penjaringan aspirasi masyarakat di empat titik. Menariknya, setiap daerah yang didatangi untuk kali pertama dalam giat reses diminta menyampaikan usulan cukup lima prioritas.

Lima usulan prioritas dinilai penting, agar lebih fokus mengawal aspirasi masyarakat. Berbeda dengan reses wakil rakyat pada umumnya yang menghimpun sekaligus usulan masyarakat.

Bagi Arfan, usulan tidak perlu banyak, yang penting bisa terealisasi. “Saya kira dalam reses ini saya hanya meminta 5 prioritas agar nanti usulan masyarakat itu benar-benar kita kawal dan terealisasi di tahun anggaran berikutnya,” ucap Arfan kepada redaksi media ini, Rabu (23/11/2022) malam.

Hal tersebut pun terbukti, saat mengawali reses masa sidang kali ini di RT 17 Desa Sepaso wilayah Kecamatan Bengalon, Arfan melakukan peletakan pertama pembanguan Masjid Fastabiqul Khairat. Ini merupakan realisasi dan perjuangan Arfan terhadap usulan masyarakat setempat pada reses di daerah itu sebelumnya.

“Sambil reses di Desa Sepaso meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Fastabiqul Khairat,” beber Arfan.

Arfan berujar “Sebenarnya apa yang menjadi permintaan mayarakat di Desa Sepaso tinggal dilanjutkan hasil reses yang kemarin. Seperti permintaan sumur bor, kemudian ada pembukaan badan jalan dari beberapa kelompok tani.”katanya.

Sebagai wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) II Kutim, reses kedua Arfan pun dilaksanakan di dapil tersebut yaitu wilayah Kecamatan Rantau Pulung, tepatnya di SP 4 Desa Rantau Makmur.

Dapil II Kutim meliputi Kecamatan Bengalon, Rantau Pulung, Teluk Pandan, dan Sangatta Selatan.

Di Desa Rantau Makmur, berbagai aspirasi masyarakat yang dihimpun dalam reses sebelumnya juga sudah terealisasi. Seperti halnya usulan sound sistem reog, lanjutan pembanguan sejumlah masjid dan mushola. Berikut kebutuhan pertanian berupa alat panen, semprot dan pupuk.

Selanjutnya, reses ketiga dipusatkan di KM 8 – Jalan Poros Sangatta-Bontang, RT 1 Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangat Selatan. “Karena saya baru reses di sana, ada 5 usulan menjadi prioritas antara lain lanjut pembanguan masjid, TK/TPA, dan usulan kelompok tani untuk diperbaiki jalannya agar dimudahkan saat panen,” terang Arfan.

Terakhir, legislator Partai Nasdem itu melaksanakan reses tambahan atau keempat di Desa Tepian Baru, Kecamatan Bengalon. Serupa dengan Desa Sangatta Selatan, warga di Desa Tepian Baru juga diminta lima usahakan prioritas. Adapun usulan masyarakat antara lain pembangunan gereja, bedah rumah, serta usulan kelompok tani dan kelompok peternakan.

“Saya minta kepada masyarakat agar Jangan terlalu banyak permohonan sehingga bisa kita kawal 5 prioritas itu bisa masuk di SIPD atau pokir dan terealisasi di tahun berikutnya,” tutup Arfan.(dm5)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button