BERITA TERKINIKutai TimurSangatta

Pimpin Rakor Penanggulangan Bencana, Dandim 0909/Kutim: Kami Selalu Siap Sedia Mengemban Tugas Kemanusiaan

"Serta pihak BPBD dan pihak terkait harus sejak dini mengambil langkah untuk aksi tanggap daerah jika sewaktu waktu terjadi bencana" jelas Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Inf Adi Swastika.

SANGATTA,deltamahakam.co.id-Komandan Kodim 0909/Kutai Timur (Kutim), Letkol Inf Adi Swastika, memimpin langsung rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana. Ini bertempat di Ruang Yudha Makodim 0909/Kutim, jalan Teritorial Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Selasa (7/2/2023).

Dandim berujar, Kodim 0909/Kutai Timur merupakan satuan kewilayahan yang membawahi beberapa satuan Koramil dan mempunyai peran penting dalam membantu pemerintah daerah dari segala bidang, termasuk dalam penanggulangan bencana alam.

Perwujudan kondisi aman dan tentram tersebut, lanjut dia, merupakan tugas dari Komando Kewilayahan, bersama-sama dengan Polri dan aparat pemerintahan yang lain.

“Dalam hal ini, hubungan antara tiga pilar tersebut adalah sebagai mitra strategis dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara yang saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain,” jelas Letkol Inf Adi Swastika.

Dikatakan Dandim, dengan sarana dan prasarana yang ada, Kodim 0909/Kutai Timur dan jajaran di bawahnya selalu siap sedia membantu pemerintah daerah, bersinergi dengan semua pihak untuk bahu membahu mengatasi masalah yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Terkhusus terkait kebencanaan, baik itu bencana tanah longsor, banjir, puting beliung, dan lain lain.

“Kami selalu siap sedia untuk mengemban tugas kemanusiaan,” tegas Dandim Letkol Inf Adi Swastika.

Dandim berhadap, rapat koordinasi ini dapat diteruskan oleh pihak terkait dalam rangka antisipasi berbagai jenis bahaya ataupun bencana dalam. Mengambil langkah cepat dan tepat dalam menentukan titik berkumpul warga terdampak bencana.

“Serta pihak BPBD dan pihak terkait harus sejak dini mengambil langkah untuk aksi tanggap daerah jika sewaktu waktu terjadi bencana” jelas Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Inf Adi Swastika.

Dalam hal, penyiapan personil Kodim 0909/Kutai Timur telah siap menyiagakan pasukan dengan kekuatan 100 personil dengan dukungan sarana dan prasarana yang Kodim miliki seperti:
Ambulance 1 unit , Sepeda Motor 23 unit , Mesin Air 1 unit , Mobil Patroli 8 unit , Perahu Longgir 1 unit ,Dayung Stanlis 4 buah , Perahu Ketinting 2 unit , Life Jaket 26 buah , KBM 15 PK 2 unit , Velbet 30 buah ,Tandu 1 buah dan Tenda 2 buah.

“Semua ini siap di gunakan sewaktu waktu untuk melakukan pertolongan dan evakuasi,” pungkas Dandim.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Pasiter Kodim 0909/Kutai Timur Kapten Inf Arif Safardiyatno , Pasiops Kodim 0909/Kutai Timur Letda Inf Bagus Aji Suryanata Kusuma, Perwakilan Polres Kutai Timur , Perwakilan Dinas Perhubungan, Perwakilan BPBD serta semua pihak yang terkait dalam penanganan kebencanaan. (*dm5).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button