BalikpapanBERITA TERKINIKALTIMPemerintahan

Yuyun ; Petugas Protokol Harus Paham Etika Berkomunikasi, Luwes dan Menarik

Adpim Setda Provinsi Kaltim ; Mewujudkan peran petugas protokol pemerintah daerah untuk mendukung Ibu Kota Nusantara.

BALIKPAPAN,deltamahakam.co.id-Bagian Protokol Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan di Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (16/3/2023).

Bimtek Keprotokolan kali ini diikuti perwakilan protokol dari kabupaten/kota se-Kalimantan Timur, yaitu Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Kutai Timur dan Berau, serta protokol Bankaltimtara.

Dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Muhammad Hasan Pejabat Fungsional pada Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menyampaikan materi tentang “Mewujudkan peran petugas protokol pemerintah daerah untuk mendukung Ibu Kota Nusantara”. Kemudian narasumber lainnya adalah Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim Syarifah Alawiyah dengan materi “Tips Public Speaking Untuk Pemula”.

Syarifah Alawiyah yang biasa disapa Yuyun menekankan seorang petugas protokol harus paham komunikasi, harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan mitra kerja dalam setiap kegiatan ataupun acara. Baik untuk melayani pimpinan maupun tamu, ataupun saat menjadi pembawa acara.

“Petugas protokol itu pun harus siap bekerja melayani pimpinan, bukan hanya pada hari kerja, tetapi juga di waktu akhir pekan, Sabtu-Minggu, baik di waktu pagi, siang dan malam. Tentunya harus dibekali dengan etika berkomunikasi yang baik, sopan santun, luwes, berpenampilan rapi dan menarik sehingga pimpinan maupun tamu yang dilayani merasa nyaman dan memiliki kesan yang baik,” pesan Yuyun.

Setelah penyampaian materi dari dua narasumber, dilakukan diskusi antara peserta bimtek dan narasumber yang dipandu Kabag Protokol Wildan Taufik sebagai moderator.(*/adpimprov kaltim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button