ADVERTORIALDPRD Kutim

Petani Sawit di Kutim Terancam Gagal Panen, Faizal Rachman Minta Pemkab Beri Insentif

SANGATTA, deltamahakam.co.id – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) Faizal Rachman meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim memberikan insentif bagi petani sawit yang terancam gagal panen. Hal ini dikarenakan adanya serangan hama dan penyakit yang disebabkan oleh tanaman sawit di sekitar sawah.

“Saya minta Pemkab Kutim memberikan insentif bagi petani sawit yang terancam gagal panen,” kata Faizal Rachman di Gedung DPRD Kutim, Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (07/11/2023).

Faizal mengatakan, serangan hama dan penyakit yang disebabkan oleh tanaman sawit di sekitar sawah sangat merugikan petani. Pasalnya, hama dan penyakit tersebut dapat merusak tanaman padi milik petani.

“Kalau petani gagal panen, dia harus mencari uang lagi untuk tanam baru lagi,” ujar Faizal.

Selain itu, Faizal juga meminta Pemkab Kutim memperhatikan kualitas dan struktur tanah para petani sawit. Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan agar tanaman sawit tidak menjadi hama bagi tanaman padi.

“Saat ini kami masih terus dalam pembenahan dan memastikan kualitas serta struktur tanah para petani tersebut agar membaik kedepannya,” kata Faizal.

Faizal juga mengaku telah memberikan bantuan pupuk Nitrobacter bagi petani sawit di dapilnya. Pupuk tersebut diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi padi mereka.

“Semoga pupuk Nitrobacter yang kami berikan dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi padi mereka,” harap Faizal. (adv/m5**)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button