DPRD Kutim

Pembahasan Raperda APBD 2022 Diperkirakan Akan Molor Hingga Akhir Juli

Sangatta – Dalam Rapat Bamus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) beberapa waktu lalu, terungkap bahwa tingkat kehadiran pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kutim sangat rendah. Hal ini berpotensi menyebabkan penundaan dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban APBD 2022 hingga akhir Juli.

Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar, mengakui bahwa target penyelesaian pembahasan raperda APBD 2022 adalah pertengahan Juli. Namun, karena rendahnya tingkat kehadiran kepala OPD, kemungkinan pembahasan akan berlanjut hingga akhir Juli. Kendala lainnya adalah adanya batasan waktu pengesahan pada akhir Juli yang juga membatasi proses pembahasan.

“Pembahasan raperda APBD 2022, sesuai target pertenganhan Juli selesai, namun ternyata karena tingkat kehadiran Kepala OPD sangat kurang, sehingga diperkirakan akan pembahasan akan molor hingga akhir Juli. Itupun, karena memang aturannya membatasi kalau akhir Juli sudah harus pengesahan, karena itu pembahasannya juga dibatasi,” kata Asti, pada awak media.

Asti menjelaskan bahwa mengingat pentingnya kehadiran kepala OPD dalam pembahasan, Pansus (Panitia Khusus) akan memanggil kepala OPD yang belum hadir hingga mereka datang. Contohnya, Sekda (Sekretaris Daerah) telah dipanggil beberapa kali hingga akhirnya hadir. Kehadiran mereka dianggap penting karena fungsi pengawasan DPRD tidak dapat berjalan jika mereka tidak hadir.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kutim, David Rante, mengakui bahwa salah satu faktor ketidakhadiran kepala OPD dalam rapat Pansus adalah karena mereka rapat di Samarinda. Padahal, mereka mengetahui bahwa rapat terkait Raperda Pertanggungjawaban APBD ini sangat penting dan waktu pembahasannya terbatas. Oleh karena itu, DPRD akan terus memanggil mereka hingga mereka hadir dalam rapat tersebut.

“Padahal, mereka tau kalau rapat terkait dengan Raperda Pertanggunjawaban APBD ini sangat penting, waktunya terbatas namun mereka tidak hadir dengan alasan rapat di luar. Karena ini juga sangat penting, kami akan panggil sampai mereka datang,” pungkasnya.(dm18)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button